Rumah Nyaman Tidak Harus Mahal


Memiliki rumah nyaman tentu menjadi impian setiap orang. Apalagi bagi pasangan muda yang baru saja membentuk keluarga baru. Namun, kadang kala hal  itu terhalang oleh minimnya budget yang dimiliki, sementara semakin hari keadaan dan tuntutan ekonomi semakin membumbung tinggi. Apa yang harus dilakukan? Artikel cantik ini akan mengajak Anda untuk mengkonsep sebuah rumah nyaman tanpa harus mengeluarkan biaya mahal.

Rumah Nyaman adalah Rumah Sehat
Rumah nyaman tentu saja sehat untuk ditinggali dan memenuhi beberapa persyaratan sebagai rumah ideal bagi keluarga. Untuk mendapatkan rumah nyaman serta sehat maka rumah harus dibangun dengan memenuhi dua kategori, yaitu nyaman secara fisiologis dan nyaman secara psikologis.
Dari segi kesehatan fisiologis, sebuah rumah yang nyaman harus memenuhi beberapa persyaratan, seperti mampu memberi rasa aman, dan melindungi dari gangguan cuaca, binatang buas, atau hawa buruk. Jadi, rumah nyaman tentu harus memiliki
kontruksi bangunan yang kuat, material bahan bangunan aman serta berkualitas baik, pencahayaan dan sirkulasi udara yang baik, tersedia sarana dan prasana yang memadai, lingkungan yang sehat, bersih, hijau, dan tentu saja aman. Sedangkan dari sisi psikologis rumah tentu harus mampu memberikan rasa aman, rileks, dan tenteram bagi penghuninya.
Untuk mendapatkan rumah yang nyaman sekaligus sehat dan tentu saja dengan biaya hemat, maka dua unsur tadi haruslah terpenuhi secara maksimal. Dari segi fisiologis, kami akan memberikan tips kepada Anda bagaimana memilih area rumah yang nyaman, sehat, mengelola lingkungan agar terasa nyaman, serta bagaimana  mendesain rumah sehat dengan biaya hemat. Sedangkan dari segi psikologis, maka kami akan memberikan tips untuk memilih elemen-elemen yang menciptakan sebuah rumah nyaman tanpa banyak mengeluarkan biaya mahal.
Unsur Fisiologis Rumah Nyaman yang Tak Mahal
·      Memilih Lingkungan Sehat
Dilihat dari segi lokasi, rumah nyaman tentu saja berada dalam lingkungan yang hijau, sehat, bersih, dan memiliki iklim dan temperatur yang ideal. Maka dari itu, semakin alami sebuah lingkungan, biasanya semakin baguslah suhu, sirkulasi udara, serta pencahayaannya.
Namun, karena tuntutan hidup yang padat dan tinggi bagi manusia modern membuat kita seringkali mengabaikan lingkungan alami yang biasanya ada di daerah pedesaan, untuk tinggal pada daerah yang dekat dengan lingkungan kerja, fasilitas umum yang penting, akses pendidikan yang bagus, dan lain-lain sehingga membuat kita seringkali harus memilih lingkungan kota yang lebih artifisial dan materialiatis.
Tapi, untuk mendapatkan rumah yang nyaman dan sehat sebaiknya Anda berupaya agar mendapatkan lingkungan yang baik dan hijau.
·     Iklim Tropis Menguntungkan
Beruntung sekali kita bisa tinggal di negara beriklim tropis. Iklim tropis hanya mengenal dua musim yaitu musim kemarau dan musim hujan. Iklim tropis kaya akan sinar matahari, dan memiliki curah hujan yang bermanfaat bagi kesehatan. Namun, di sisi lain kelembapan yang dimiliki oleh iklim tropis cukup tinggi yaitu sekitar 80%. Suhu udara juga bisa mencapai 30 derajat lebih. Sehingga diperlukan beberapa trik khusus untuk menciptakan iklim yang ideal di dalam rumah Anda. Caranya antara lain adalah dengan mengolah rancangan atap rumah, dinding, jendela, dengan cermat serta memilih material bahan yang tepat untuk mengurangi kelembapan dan menurunkan suhu udara.
Unsur Psikologis Rumah Nyaman Tanpa Biaya Mahal

Material yang nyaman untuk digunakan dan baik bagi kesehatan penghuni rumah adalah yang memenuhi persyaratan berikut ini, pertama, bersifat isolator, menyimpan panas, dan tidak menghantarkan panas; kedua, dapat menghindari kondensasi atau biasa kita sebut sebagai proses pengembunan.

Dengan memenuhi dua unsur tersebut maka rumah yang nyaman untuk ditinggali tidak harus dihiasi dengan ornamen lain yang mahal. Anda kini bisa lebih praktis menghitung berapa biaya yang perlu Anda keluarkan untuk rumah yang nyaman namun sehat.