5 Macam Tren Lanskap Terpopuler















Ragam tren lanskap atau seni pertamanan yang banyak disukai dan bisa dipraktekkaan di rumah-rumahAnda. Dengan menerapkan ide lanskap ini, maka tampilan taman rumah akan lebih menarik dan bernilai estetis.

Seni pertamanan atau yang lebih dikenal di masyarakat umum sebagai lanskap kini mulai dilirik orang-orang untuk mempercantik tampilan tamannya. Ya, taman sebagai bagian yang tak terlepaskan dari keseluruhan bangunan rumah kini tak hanya berperan sebagai area menanam tumbuh-tumbuhan favorit, tetapi juga area untuk bermain dan bersantai dengan seluruh anggota keluarga. Dan untuk mempercantik tampilan taman itu, terkadang perlu ide-ide lanskap yang disesuaikan dengan kontur taman itu sendiri. Ide-ide lanskap bisa sangat beragam.


Untuk model taman pribadi yang ingin menonjolkan sisi privasi serta ketenangan, maka membangun gazebo sebagai pelengkapnya adalah hal yang tepat. Selain itu, membangun jalan setapak dengan air terjun mini merupakan ide lanskap yang brilian. Untuk itu, tak ada salahnya mempraktekkan ide-ide lanskap seperti itu di taman rumah Anda.
Bila Anda berfikir bahwa mewujudkan lanskap semacam itu membutuhkan budget yang cukup besar, Anda perlu berfikir ulang. Proyek lanskap bisa sangat mudah serta murah, meskipun tak dapat dipungkiri bahwa bila salah dalam melakukan perencanaan, maka proyek lanskap itu akan
menjadi sangat mahal. Agar biaya lebih terjangkau, mungkin kita perlu melakukan proyek lanskap ini step by step hingga Anda yakin bahwa taman Anda telah memiliki lanskap yang tepat yang dapat merepresantasikan sisi personal dan gaya hidup Anda.
Sebelum memulai mengerjakan proyek lanskap di rumah, berikut ini kami tampilkan beberapa ide proyek lanskap yang kini tengah digemari dan menjadi tren dalam memperindah tampilan taman di rumah. Tren-tren lanskap semcam ini dapat menjadi salah satu referensi dalam memilih tipe lanskap terbaik untuk taman Anda.
Desain Taman Artistik yang Dilengkapi Kolam Air dan Jembatan Kayu
1. Pembangunan jembatan kecil
Membangun jembatan kecil di taman rumah mampu membuat suasana taman lebih hidup dan tampak nyata. Anda bisa membangun jembatan yang sederhana yang terbuat dari kayu dan papan. Sebagai alasnya, gunakan batuan-batuan besar yang tak saling berhimpitan satu sama lain. Karena, menurut “New Complete Home Landscaping,” batuan yang diletakkan di tanah dan diberi jarak satu sama lain dapat membuang energi negatif dan iblis yang ada di sekeliling rumah. Kepercayaan ini berasal dari kebudayaan tradisional Jepang yang banyak dipercayai dan diaplikasikan pada taman model Jepang.
Desain Taman Artistik Dengan Jalan Setapak (Pathway)
2. Menambahkan atau merenovasi jalan setapak
Kita sering mendengar di beberapa tempat-tempat publik terpasang sebuah papan peringatan “Dilarang Menginjak Rumput”. Meskipun terdengar sepele, beberapa taman memang sengaja menanam rumput yang berkualitas bagus untuk menguatkan nuansa taman agar terlihat lebih hijau. Bila taman di rumah Anda adalah salah satu taman yang telah ditanami rumput yang berharga ini, Anda tentu tak ingin merusaknya. Dari sinilah kita akhirnya sadar bahwa membangun jalan setapak sangat perlu.
Membangun jalan setapak yang berawal dari rumah hingga ke ujung taman dapat menjaga kita agar tak menginjak rumput secara sembarangan. Bila sebelumnya di taman rumah Anda belum dibangun jalan setapak, maka ada baiknya Anda menambahkan hal ini. Namun, bila Anda telah memiliki jalan setapak ini di taman rumah Anda, maka Anda bisa melakukan renovasi melalui penggantian tipe jalan, yang semula terbuat dari semen, maka Anda bisa menggantinya dengan batu hampar atau batu ubin.
Desain Tanaman Pagar dan Vertikal Garden
3. Menanam tanaman pagar atau topiary
Tanaman pagar mungkin adalah hal yang biasa kita jumpai. Namun, bagaimana dengan topiary? Topiary adalah seni memangkas tanaman pagar agar menyerupai bentuk-bentuk unik sesuai keinginan. Seni topiary yang ada selama ini kebanyakan masih memangkas tanaman dengan bentuk yang sederhana sepert bulat atau waru. Nah, anda bisa membuat seni topiary dengan bentuk yang lebih rumit. Bentuk binatang seperti kelinci, gajah, serta kucing adalah bentuk yang umum diterapkan dalam seni topiary ini. Anda bisa menyewa jasa pembuat topiary profesional untuk mewujudkan impian Anda.
4. Memilih pencahayaan yang tepat
Ide lanskap tak harus berarti membangun atau mengubah sesuatu pada taman Anda. Meski hanya dengan menambahkan pencahayaan di beberapa sudut taman, atau dengan mengganti pencahayan yang sudah ada juga merupakan salah satu ide lanskap yang banyak digemari dan menjadi tren. Efek dramatis pada sebuah taman dapat diperoleh melalui pemilihan dan penempatan pencahayaan yang tepat, seperti di samping pohon atau patung. Bisa juga Anda menempatkan pencahyaan di bawah air yang diletakkan di kolam atau di air terjun buatan agar permukaan air tampak lebih berkilau.
Gambar Taman Mungil yang Artistik Dengan Teknik Pecahayaan Buatan
5. Membangun Perspektif Buatan
Perspektif buatan (Forced perspective) adalah salah satu tren lanskap populer terutama di Jepang. Pada teknik lanskap ini, konsep keruangan adalah hal yang utama yang ingin ditonjolkan. Ide lanskap ini sangat sesuai bagi Anda yang memiliki taman berukuran kecil dan ingin agar tampilan taman Anda menjadi terlihat lebih besar. Ilusi semacam ini bisa diperoleh dengan cara meletakkan benda-benda yang besar seperti pohon besar atau semak belukar di bagian depan atau sisi terluar taman taman Anda. Kemudian, tempatkan elemen-elemen yang lebih kecil di belakangnya atau sisi dalam taman.
Warna benda yang berada di depan haruslah lebih gelap karena benda yang besar tersebut akan berperan sebagai latar belakang, dan fokusnya merupakan benda yang lebih kecil tersebut.