Pertimbangan Sebelum Memilih Pendingin Ruangan untuk Rumah Anda

Di Indonesia pada musim kemarau, cuaca pada siang hari akan terasa lebih panas sehingga banyak orang memilih untuk memasang pendingin ruangan (AC) untuk membuat suasana rumah terasa lebih nyaman dan sejuk. Akan tetapi, pemasangan pendingin ruangan akan menimbulkan efek lain yaitu pemakaian listrik yang berlebih. Untung saja di era modern ini, banyak tipe pendingin ruangan dengan watt yang rendah sehingga Anda pun tak akan khawatir dengan tagihan listrik yang terasa mencekik leher.
Sebelum membeli pendingin ruangan untuk rumah Anda, ada baiknya Anda membaca beberapa pertimbangan penting dalam memilih pendingin ruangan yang kami rangkum sebagai berikut.
  1. Perhatikan apakah pendingin ruangan yang akan Anda pilih dapat menghemat energi
Tagihan listrik terus saja naik setiap bulannya dan untuk mengurangi tagihan tersebut Anda harus berhemat dalam segala hal termasuk dengan pendingin ruangan. Karena pendingin ruangan menjadi salah satu item yang membuat tagihan listrik terus melonjak, ada baiknya jika anda memilih pendingin ruangan yang hemat energi. Anda bisa membeli AC dengan teknologi modern yang menggunakan teknologi inverter. Teknologi inverter dapat mengurangi konsumsi listrik hingga 30% sehingga hal ini akan menguntungkan Anda.
  1. Pilihlah pendingin ruangan yang mempunyai fitur yang baik untuk kesehatan keluarga
 Ketika memilih pendingin ruangan untuk rumah anda, pastikan jika  pendingin ruangan tersebut terdapat fitur yang bisa meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan. Teknologi pendingin ruangan yang lama biasanya menyertakan fitur penyaringan partikel debu yang dapat mengurangi resiko terkena penyakit asma. Sedangkan teknologi pendingin ruangan terbaru biasanya menyertakan fitur pembentuk ion, sistem penyaring UV, antioksidan dan juga penyaring virus.
Tidak hanya memilih pendingin ruangan dengan fitur yang baik untuk kesehatan, Anda juga harus
memilih AC yang dapat menjaga kelembaban udara sehingga dapat mengurangi keluhan yang biasanya ditimbulkan oleh penggunaan pendingin ruangan seperti kulit kering dan mata pedih.  Pendingin ruangan yang menjaga kelembaban udara akan sangat menguntungkan jika Anda tetap ingin membiarkannya hidup ketika Anda tidur.
  1. Pilih pendingin ruangan yang sesuai dengan ukuran ruangan di rumah Anda
Untuk menjaga agar penggunaan pendingin ruangan tetap efisien, Anda harus menyesuaikan ukuran ruangan dengan AC yang akan Anda beli. Sebelum beranjak ke toko elektronik, ukurlah panjang, lebar, dan tinggi ruangan atau area yang akan Anda pasangi AC. Hal ini sangat penting dilakukan untuk mengetahui penghitungan kapasitas daya yang dibutuhkan oleh ruangan di rumah Anda. Jika Anda kebingungan dalam menentukan daya yang dibutuhkan, tanyakan pada orang yang ahli dalam pemasangan AC sehingga Anda akan mendapatkan hasil yang lebih akurat.
  1. Perhatikan kelembaban ruangan yang ingin Anda pasangi AC
Ruangan dengan tingkat kelembaban yang tinggi dapat memperberat kinerja pendingin ruangan dan akhirnya, konsumsi listrik akan semakin naik. Selain itu, tingkat kelembaban yang tinggi menyebabkan pembentukan uap didalam unit AC sehingga kinerja pendingin ruangan tak lagi maksimal. Untuk itu, jika Anda ingin memasang AC untuk ruangan, hindarilah area di sekitar dapur atau kamar mandi yang pada dasarnya akan menambah tingkat kelembaban. Pastikan semua jendela dan pintu tertutup rapat ketika Anda menyalakan pendingin ruangan.
  1. Pilihlah pendingin ruangan yang sudah dipercaya oleh banyak orang
Untuk mendapatkan performa pendingin ruangan yang baik, dibutuhkan ketelitian dalam memilih merek atau brand AC yang sudah dipercaya oleh banyak orang. Hal ini akan mencegah Anda dari rasa kecewa karena memilih pendingin ruangan yang tidak terjamin. Pilihlah pendingin ruangan yang banyak digunakan oleh orang-orang disekitar Anda dan tanyakan bagaimana performa pendingin ruangan tersebut. Jangan lupa untuk melihat lamanya waktu garansi  dan layanan purna jual pendingin ruangan tersebut karena hal ini dapat menjamin keawetannya.
air-conditioner-untuk-rumah-2
Desain Interior Ruang Tamu Dengan AC Type Ceiling Cassette
  1. Perhatikan bentuk desain pendingin ruangan yang akan anda beli
Karena pendingin ruangan yang anda beli akan lumayan menyita area tembok rumah Anda, pastikan untuk memilih bentuk dan desain pendingin ruangan yang terlihat indah. Bentuk desain pendingin ruangan akan mempengaruhi tampilan rumah sehingga memilih desain yang tepat merupakan sebuah keharusan. Sekarang ini banyak desain AC yang dapat memperindah interior rumah. Banyak perusahaan berlomba-lomba mendesain pendingin ruangan dengan warna yang lebih menarik karena biasanya pendingin ruangan identik dengan warna-warna netral seperti putih atau abu-abu saja.
  1. Pilihlah pendingin ruangan yang mudah di pasang
Jika Anda ingin menghemat anggaran dengan tidak menyuruh orang lain untuk melakukan pemasangan AC, anda harus memilih unit pendingin ruangan yang mudah dipasang. Ada jenis pendingin ruangan yang sangat mudah di pasang seperti unit AC yang dipasang dan di tempelkan lewat jendela. Untuk lebih tepatnya, Anda bisa membaca teknik pemasangan AC melalui internet agar Anda tidak salah langkah yang akhirnya nanti akan menimbulkan kerugian.
Demikianlah beberapa pertimbangan yang harus anda tahu ketika anda berencana untuk membeli pendingin ruangan untuk rumah Anda. Sekarang, Anda pun telah siap untuk pergi ke toko elektronik dan memilih pendingin ruangan yang sesuai dengan kebutuhan rumah Anda. Selamat mencari dan selamat mencoba!