5 Cara Mudah Untuk Menghemat Budget Perabotan Rumah

Perabotan rumah tangga sangat diperlukan disetiap rumah karena kegunaannya. Mungkin Anda sedang berniat untuk membeli perabotan sebagai hadiah untuk seseorang atau mungkin Anda ingin membeli perabotan untuk melengkapi renovasi rumah Anda? hal mendasar yang Anda pikirkan ketika ingin membeli perabotan rumah tangga tentunya adalah ke-tersediaan dana atau budget.
Setiap penghematan yang Anda lakukan akan sangat berarti. Untuk itu kami akan memberikan tips mudah untuk menghemat budget perabotan rumah yang kami rangkum dalam 5 cara yang praktis.
  1. Pilih perabotan yang hemat energi
Jika prioritas utama Anda adalah menghemat budget dalam segala hal, memilih perabotan yang dapat menghemat energi merupakan solusi yang tepat. Dengan memilih perabotan yang menghemat energi, biaya operasional per harinya akan semakin murah untuk itu Anda tetap bisa menabung. Tidak semua perabotan memiliki indikator hemat energi yang sama. Oleh sebab itu, Anda harus berusaha untuk membandingkannya satu persatu dengan melihat pada label tentang tata cara penggunaan nya dan seberapa besar energi yang mampu di hemat oleh perabotan tersebut.
Perabotan-perabotan yang wajib memiliki indikator hemat energi adalah
kulkas, AC (pendingin ruangan), mesin cuci, dan lain sebagainya. Anda bisa menanyakan fitur produk yang akan Anda beli kepada penjaga toko agar Anda merasa nyaman ketika sudah membelinya.
  1. Pilihlah perabotan berdasarkan fungsi dasarnya terlebih dahulu
Terkadang gaya hidup membuat Anda menghabiskan dana berlebih karena Anda ingin semua hal yang praktis dan memudahkan.Misalnya, Anda menyukai mesin cuci yang memiliki program otomatis agar dapat mencuci dalam waktu yang sudah ditentukan.Terkadang juga, Anda membeli perabotan yang fungsinya tidak dibutuhkan sehingga akan menyebabkan ke-borosan karena Anda hanya ingin menonjolkan life styleatau gaya hidup Anda yang modern. Hal lain yang dapat membuat harga perabot semakin mahal adalah pilihan warnanya.
Perabotan dengan warna-warna cerah biasanya memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan warna netral seperti putih atau hitam. Anda bisa memotong anggaran dengan membeli perabotan dengan warna putih atau hitam. Yang paling penting, pastikan Anda memilih perabotan berdasarkan fungsinya agar Anda tidak menyesal pada akhirnya karena membeli sesuatu yang tidak terlalu diperlukan.
  1. Hindari biaya perawatan yang dapat melambung tinggi
Barang-barang elektronik seperti kulkas, AC (pendingin ruangan), microwave, mesin cuci membutuhkan biaya operasional yang cukup menguras kantong Anda. Untuk itu Anda harus memikirkan cara perawatannya karena hal itu juga akan mempengaruhi pengeluaran Anda dikemudian hari. Pilihlah perabotan elektronik dengan filter yang mudah di cuci sehingga Anda tidak perlu membawanya ke tempat servis ketika kotor. Ketika Anda berada di toko perabotan, pastikan untuk mengecek label dan sertifikasi produk elektronik yang akan Anda beli apakah terdapat fitur filter mudah dicuci dan hemat energi atau tidak.
Jika tidak ada label yang bisa Anda cek, jangan lupa tanyakan pada pemilik tokonya. Jika mungkin Anda akan merasa kesulitan dalam merawat perabotan elektronik, pilihlah produk yang memiliki garansi lebih lama agar Anda merasa nyaman dan yakin untuk membeli perabotan tersebut.
  1. Pilihlah toko perabotan rumah tangga yang memberikan keringanan pada biaya pengiriman
Beberapa toko perabotan rumah tangga biasanya membebankan biaya pengiriman kepada pembelinya. Tentu saja hal ini kurang mengenakkan bagi Anda yang berniat untuk berhemat. Untuk itu, pilihlah toko yang menyediakan layanan antar tanpa membebankan biaya pada pembelinya. Biasanya toko perabotan yang sudah memiliki nama akan menyediakan layanan ini agar para konsumen tetap merasa nyaman untuk berbelanja ditempat yang sama dikemudian hari. Tapi, jika Anda susah untuk menemukan toko yang bebas biaya kirim, pastikan Anda bernegosiasi dengan pemilik toko untuk mendapatkan biaya kirim yang lebih murah.
perabot-rumah-2
  1. Pilihlah perabotan dengan ukuran yang pas dengan kebutuhan keluarga Anda
Hindari membeli perabotan dengan ukuran besar yang berlebihan yang tentu saja akan memakan tempat di rumah Anda.Terlebih lagi jika perabotan tersebut tidak sesuai dengan kebutuhan keluarga Anda. Mungkin saja Anda ingin sekali membeli kulkas 2 pintu yang berukuran besar padahal Anda hanya memiliki sebuah keluarga kecil. Jika Anda tetap meneruskan niat tersebut, pengeluaran Anda akan semakin membengkak karena konsumsi listrik kulkas 2 pintu tersebut sangat tinggi padahal setengah tempat dalam kulkasnya Anda biarkan kosong dan akhirnya Anda akan boros energi. Untuk itu, pilihlah perabotan yang sesuai dengan kebutuhan keluarga agar Anda tetap bisa menghemat.
Demikianlah tips mengenai cara menghemat budget perabotan rumah tangga yang perlu Anda tau. Dengan sedikit pertimbangan yang matang dan usaha yang ekstra, Anda dapat menghemat budget pengeluaran setiap bulannya.  Sekarang Anda pun tidak perlu khawatir dengan tagihan listrik karena segalanya terasa lebih mudah ketika menerapkan tips diatas.
Selamat mencoba :)