Tips Dekorasi Kamar Tidur Untuk Anak yang Harus Anda Tahu

Kamar tidur anak merupakan tempat yang bisa di dekor sesuai dengan keinginan dan tentunya hal ini amat menyenangkan. Akan tetapi, jika anda memiliki anak kembar atau kakak beradik yang tidak beda jauh umurnya, mungkin mendekorasi kamar tidur akan sedikit lebih sulit apalagi jika kamar tidur tersebut digunakan bersama-sama. Akan menjadi lebih sulit lagi ketika anak Anda berbeda jenis kelamin dan mereka harus membagi kamar tidur bersama. Pasti akan terasa sulit untuk menentukan tema dan warnanya karena kepribadian mereka yang berbeda.
Untuk itu, kami akan memberikan beberapa tips yang berguna untuk menciptakan kamar tidur bersama untuk anak yang menyenangkan yang tentu saja menyediakan ruang yang unik bagi setiap anak dengan tetap memberikan koherensi pada tampilan kamarnya.
desain-kamar-tidur-anak-double-bed-1
Tips mendekor kamar bersama untuk anak
  1. Bagilah ruang yang tersedia
Pertama, sangatlah penting untuk menyediakan sebuah kamar yang unik untuk setiap anak. Tentu saja jika Anda memiliki dua anak yang berbagi kamar akan lumayan mudah untuk membagi ruangan yang tersedia dengan menempatkan sebuah furnitur. Misalnya, Anda dapat menempatkan sebuah furniture berupa rak buku besar yang digunakan untuk memisahkan ruang yang tersedia. Jika Anda memiliki anak lebih dari dua yang berbagi kamar,
Anda bisa menggunakan kain tenun yang digantung. Atau Anda juga bisa
menggantung korden ke atas atap sehingga menghasilkan “tembok korden” yang difungsikan sebagai pemisah ruangan. Dengan menjadikan korden sebagai pemisah, dengan mudah Anda bisa mengubah kamar tidur menjadi ruang bermain saat korden yang terpasang di lepas sementara.
  1. Agar anak tidak berebut, berilah kode warna pada barang pribadi setiap anak
Memberikan kode warna badang barang-barang setiap anak mencegah mereka untuk berebut dan hal ini juga dapat menjadi dekorasi yang cantik pada kamar tidur. Biarkan anak Anda memilih warna favorit mereka masing-masing dan cobalah untuk menemukan shade warna yang lain yang cocok dipadu padankan dengan warna pilihan anak. Misalnya, pada lemari pakaian yang besar, Anda bisa mengecat dengan warna pilihan anak pada satu bagian pintunya dan mengecat dengan warna lain pada bagian pintu lainnya.
Anda bisa juga memilih rak dinding berwarna agar anak Anda tetap memiliki ruang yang cukup untuk menyimpan benda-benda kesayangannya.
  1. Tetaplah memilih warna netral sebagai warna dasar kamar anak
Dengan memilih warna netral sebagai warna dasar kamar anak, Anda tetap dapat memberikan dekorasi yang menarik dengan memberikan sentuhan warna-warna yang mencolok tanpa membuat warna netral terlihat mati. Warna netral seperti kuning, hijau dan beraneka shades dari warna putih dan abu-abu merupakan warna dasar yang sangat cocok untuk kamar tidur anak. Selain itu, warna-warna tersebut tidak terpengaruh gender sehingga akan cocok dipakai untuk kamar anak laki-laki maupun perempuan.
Jika Anda masih merasa warna tersebut terlalu biasa, Anda bisa menambahkan dekorasi menarik dengan menempel sticker dinding dengan karakter-karakter kesayangan anak, sehingga mereka tidak akan bosan dengan kamar yang mereka tempati. Dengan menempel sticker dinding, anak Anda bisa memilih dekorasi yang sesuai dengan usianya tanpa khawatir akan membuat ruangan nampak tidak teratur dan kotor.
desain-kamar-tidur-anak-double-bed-2
  1. Pikirkanlah bagaimana cara menghemat tempat agar kamar berbagi menjadi lebih nyaman
Tentu saja ketika anda membuat kamar tidur bersama untuk anak, problem utama yang Anda dapati biasanya tentang bagaimana ruangan yang digunakan tetap terasa nyaman. Untuk itu, Anda pasti memperhitungkan luas ruangan yang tersedia jika Anda ingin menambah furniture ke dalam kamar. Solusi yang paling mudah untuk menghemat ruangan adalah dengan memilih tempat tidur bertingkat yang pastinya akan sangat menghemat tempat sehingga ruangan tampak lega.
Jika Anda tetap ingin memberikan tempat tidur bagi setiap anak, pilihlah kasur yang bisa ditaruh di bawah kolong ketika tidak digunakan. Furniture lain yang bisa menghemat tempat adalah rak yang di tempel di dinding, kursi lipat dan juga almari built-in dengan pintu geser. Walaupun Anda berniat untuk menghemat tempat, jangan halangi anak Anda untuk membuat kamar mereka menjadi lebih nyaman dengan cara memilih furnitur yang mereka suka seperti meja belajar.
Dengan tips diatas, Anda akan mampu membuat kamar tidur dengan lebih berwarna dan unik. Selain itu, kamar tidur berbagi yang Anda dekorasi akan tetap memiliki tampilan yang harmonis dan menyatu. Jika anak Anda telah tumbuh semakin besar, ajaklah mereka berdiskusi untuk mendesain kamar tidur berbagi yang mampu memberikan kenyamanan bagi setiap individu yang berbagi kamar.
Jika anda merasa belum mampu melakukan dekorasi dengan ide sendiri, jangan ragu untuk mencari seorang interior desainer yang akan membantu mewujudkan kamar impian anak Anda tentunya dengan menampilkan keindahan yang bernilai seni tinggi. Apakah Anda siap melakukan dekorasi kamar anak?